Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

Desaku Purwakarta
Rp. 0
Keranjang masih kosong.

Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

SEMUA KATEGORI

Artikel Terpopuler

Monitoring Pembangunan Infrastruktur Jalan di Desa Cijaya Oleh Perangkat Desa dan Praja IPDN

Praja IPDN yang sedang melakukan Bhakti Karya Praja (BKP) bersama perangkat desa melakukan monitoring pembangunan jalan di desa di RT 01 Desa Cijaya pada 7 September 2023. Monitoring atau pemantauan pembangunan infrastruktur ini dalam rangka melihat sejauh mana progres pembangunan yang tengah dikerjakan. Saat didatangi, para pekerja sedang melakukan pengecoran jalan. Pada kesempatan tersebut pula pengecoran baru dilakukan pada tahap 1 dengan target total panjang 50 m x lebar 4 m x tinggi 15 cm. Pembangunan infrastruktur ini diharapkan dapat memudahkan akses sehingga terjadi pergerakan ekonomi ke arah yang lebih baik di Desa Cijaya.  

Praja Kunjungi Salegor di Desa Cijaya

Praja IPDN yang sedang melaksanakan Bhakti Karya Praja (BKP) di desa Cijaya berkesempatan untuk berkunjung ke salah satu UMKM. UMKM tersebut memproduksi pisang sale. Produk ini mulai diproduksi pada tahun 2022 karena keisengan produsen. Pada awalnya produk ini dijual dengan dititipkan ke warung-warung yang ada di Desa Cijaya dengan kemasan seharga Rp.2000,-. Melihat minat konsumen yang cukup tertarik dengan produk ini, produsen memutuskan untuk mengemas produk menjadi beberapa ukuran kemasan dengan kisaran harga dari Rp. 2000 - Rp. 20.000,-.  Pada kesempatan tersebut pula Praja membantu produsen mendata dan mendokumentasikan produk yang dikenal dengan sebutan "Salegor" untuk dipasarkan melalui Webdesaku dalam rangka menghadapi Era Digital saat ini. Diharapkan melalui Webdesaku ini, penjualan produk dapat lebih mudah diakses oleh masyarakat lokal Desa Cijaya maupun masyarakat daerah lain.

Monitoring Penerima Bantuan Sosial Desa Cijaya

Pada hari ini tanggal 07 September 2023. Perangkat Desa bersama Praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri telah melaksanakan pembagian bantuan sosial berupa uang tunai kepada masyarakat Desa Cijaya. Bantuan ini merupakan bantuan PHK, BPNT, dan bantuan subsidi BBM bertempat di aula Tjakra Widjaja kantor Desa Cijaya. Dalam hal rangkaian proses penyaluran BLT, pemerintah desa telah melakukan survey terhadap masyarakat yang menjadi target pemberian BLT, dimana masyarakat yang menerima bantuan telah melewati rangkaian tahapan dan pertimbangan guna percepatan penghapusan kemiskinan bagi masyarakat miskin dan kurang mampu. Pemberian BLT ini dilakukan selama dua hari terhitung pada tanggal 7 sampai 8 September, hal tersebut dilakukan karena banyaknya masyarakat yang terdata dalam penerima BLT dengan jumlah 157 warga. Dalam kegiatan tersebut  Kepala Desa Cijaya H Tri Sutrisna berharap dengan adanya bantuan yang diberikan dapat membantu warga Desa Cijaya dalam memenuhi kebutuhan pokoknya. Beliau juga menyampaikan kepada warga desa untuk dipergunakan dengan sebaik baiknya serta beliau juga berharap agar warga desa penerima BLT dapat memunculkan nilai ekonomis yang kreatif dan berkembang sehingga adanya bantuan ini tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan konsumtif tetapi dapat menopang perekonomian masyarakat desa.   Proses penyaluran BLT berlangsung dengan tertib dengan tetap memperhatikan kenyaman bersama sehingga pelaksanaan kegiatannya dapat berjalan dengan lancar dan sukses.

Praja IPDN Ditugaskan Ke Desa Cijaya, Membantu Percepatan Digitalisasi Desa Melalui Webdesaku

Sebanyak 9 praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) dikirim ke Desa Cijaya para praja tingkat akhir ini, dikirim dari kampus IPDN Jatinangor melalui kegiatan Bhakti Karya Praja (BKP) untuk membantu pemerintah desa mewujudkan database desa melalui Webdesaku untuk percepatan pembangunan desa. Kegiatan tersebut juga bertujuan untuk melatih praja dalam memotret, mengidentifikasi, menginventarisir, dan menganalisis permasalahan serta solusi untuk pemecahan permasalahan tata kelola pemerintahan desa sebagai wahana pembelajaran dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan praja.  Kedatangan Praja disambut oleh Kepala Desa Cijaya Bapak H.Tri Sutisna beserta perangkat desa pagi ini Rabu, 6 September 2023 di Aula Tjakra Widjaja Desa Cijaya, sekaligus pengenalan para praja dengan perangkat desa. Selama pelaksanaan Bhakti Karya Praja praja akan diarahkan untuk membantu mengoptimalkan penggunaan Webdesaku dan membantu kerja pemerintah desa. "Kegiatan Bhakti Karya Praja ini diharapkan dapat mengasah keterampilan praja IPDN dalam mengembangkan kemampuan mengelola digitalisasi pemerintahan melalui lingkup terkecil di pemerintahan desa dan berkontribusi langsung dalam pengelolaan Webdesaku yang nantinya akan bermanfaat untuk percepatan pembangunan daerah Kabupaten Purwakarta khususnya Desa Cijaya" pungkas Tri Sutisna.

Majlis Ta'lim Alhidayah Desa Cijaya

Barayaaa MT Al-Hidayah, merupakan suatu Majlis Ta'lim yang mengadakan pengajian rutin setiap bulannya. Majlis Ta'lim atau Pengajian yang diselenggarakan setiap hari Senin pertama di setiap bulannya ini bertempat diaula Desa Cijaya yang dipimpin oleh Ketua Al-hidayah Desa Cijaya yaitu Hj Rokayah juga Ketua TP PKK Desa Cijaya yaitu Ny Hj Nunung, tidak hanya dihadiri oleh ibu-ibu Kader posyandu saja, Pengajian ini juga dihadiri oleh ibu-ibu masyarakat sekitar. Mudah-mudahan dengan adanya santapan rohani ini membuat ibu-ibu masyarakat warga Desa Cijaya menjadi ibu-ibu yang sholehah, menjadi madrasah pertama terbaik bagi para putra-putrinya, juga menjadi istri idaman bagi suaminya. Aamiin...